Polkesma at Glance

Politeknik Kesehatan kemenkes Malang atau yang lebih dikenal dengan Polkesma membuka cakrawala dunia melalui ilmu pengetahuan dibidang kesehatan. Pendidikan tinggi vokasi kesehatan ini didirikan oleh kementerian kesehatan RI. Di sini putra putri terbaik bangsa dari berbagia penjuru nusantara mengembangkan kompetensi dan membentuk karakter dalam peradaban bangsa yang bermartabat. Polkesma memulai kiprahnya sejak tahun 2001 lahir dari 7 gabungan akademi kedinasan kesehatan diwilayah Jawa Timur bagian selatan. Komitmen Polkesma dalam melahirkan praktisi kesehatan yang andal kompeten tampak dalam visinya yaitu Menjadi Institusi Pendidikan Vokasi Kesehatan yang Berkarakter dan Unggul pada tahun 2019
Dengan penetapan sasaran yang strategis dilaksanakan upaya pencapaian kinerja melalui indikator yang telah ditetapkan. Bersinergi dalam kerja kreatif menjadikan Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang sebagai salah satu barometer bagi perguruan tinggi kesehatan di Indonesia yang dibuktikan melalui pencapaian kinerja dalam beberpa indikator penting. 17 tahun berdiri Polkesma telah berhasil memperoleh akreditasi B dan berkualifikasi sebagai kualifikasi 1 politeknik kesehatan negeri. Pencapaian tersebut merupakan gambaran dari penerapan sistem manajemen pembelajaran dan pemanfaatan teknologi informasi yang cukup pesat turut mewarnai pertumbuhan ilmu kesehatan. Polkesma menyelenggarakan Pendidikan Program Studi Diploma Gizi, Keperawatan, Kebidanan, Analis Farmasi dan Makanan, Perekam Medis dan Informasi Kesehatan, Asuransi Kesehatan, Teknologi Bank Darah, dan Sarjana Terapan Promosi Kesehatan serta program studi Pendidikan profesi dietisien, ners, dan bidan program studi tersebut tersebar didalam 7 kampus.
Untuk menghadirkan atmosfir yang mendukung perkuliahan Polkesma menyediakan fasilitas yang memadai mulai dari ruang kuliah yang nyaman dengan media pembelajaran modernlaboratorium fugsional terintegrasi yang didukung teknologi canggih, perpustakaan terpadu dan berbasis online, unit bimbingan konseling, asrama, masjid kampus, gazebo, fasilitas olahraga, hotspot area.
Dirancang sebagai perguruan tinggi vokasi telah membukuan diri sebagai barometer perkembangan pembelajaran ilmu kesehatan di Indonesia disokong penerapan kurikulum Pendidikan tinggi vokasi dengan 60 % praktikum dan 40% teori yang akan mempertajam atau mengasah keterampilan mahasiswa dengan praktik dilaboratorium atau di lahan praktik. Polkesma turut mengimplementasikan metode pengajaran yang inovatif menyenangkan dengan konsep enjoy learning serta menerapkan internetbased test (IBT) dalam ujian dan pembelajaran dengan e-learning. Pendidikan yang berkualitas dibentuk dengan penanaman nilai nilai yang dihadirkan melalui dosen tenaga pengajar yang berkualifikasi magister dan doktoral yang sudah bersertifikasi. Dengan berbagi disiplin ilmu serta sebagai teladan dalam kehidupan sehari-hari, Polkesma turut menanamkan karakter dan etika kebangsaan serta unggul dalam keprofesian guna menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean.
Selain akademik, Polkesma turut mempersiapkan mahasiswa yang percaya diri dengan kemampuannya melalui unit kegiatan mahasiswa. Mengembangkan minat bakat mahasiswa mulai dari bidang seni, olahraga, sains, Bahasa, dan kerohanian. Disinilah langkah mewujudkan cita-cita dimulai dengan menyalurkan kebebasan berekspresi. Polkesma mendidik mahasiswa agar setia kepada NKRI dan memiliki sikap mental berkarakter dengan Pendidikan bela negara. Polkesma semakin menunjukkan keberhasilan dalam mencetak bibit-bibit unggul dengan prestasi-prestasi yang diraih baik ditingkat nasional maupun internasional, kerjasama dalam dan luar negeri, baik dengan institusi Pendidikan kesehatan maupun dengan institusi pelayanan kesehatan. Keberhasilan juga terlihat dari sebaran alumni Polkesma di instansi kesehatan hingga bertaraf internasional yang tersebar dikawasan Asia, Eropa, hingga Amerika dan Australia.

Sejarah MOJ

Sebagai institusi pendidikan tinggi di bidang kesehatan, program studi D- IV Kebidanan Jember, TERAKREDITASI B berdasarkan ketetapan LAM-PTKes No. 0442/LAM-PTKes/akr/Dip/VII/2017 merupakan salah satu dari pendidikan kesehatan yang ada di Poltekkes Kemenkes Malang yang bertugas menyelenggarakan pendidikan vokasional, dengan melakukan kegiatan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dibidang kesehatan khususnya pelayanan kebidanan. Keseluruhan tugas dan sekaligus bentuk pelayanan di atas ditujukan untuk menghasilkan lulusan pendidikan bidan yang berkualitas dan berwawasan global sehingga diharapkan dapat menjadi sumber daya tenaga bidan yang handal dan mampu menyokong visi misi Kementerian Kesehatan di Indonesi, 
Salah satu dari tujuan pendidikan diploma IV kebidanan adalah dihasilkannya bidan Sarjana Terapan yang kompeten dalam memberikan asuhan kebidanan  dengan memanfaatkan IPTEKS kebidanan bagi  individu, keluarga, dan masyarakat pada tatanan pelayanan kesehatan primer, sekunder dan tersier.
Program studi diploma IV kebidanan Jember merupakan institusi pendidikan milik pemerintah yaitu Departemen Kesehatan. Berikut adalah selayang pandang sejarah singkat tentang berdirinya institusi ini:
  • Tahun 1964 awalnya adalah Pendidikan Sekolah Bidan Negeri Djember yang didrikan berdasarkan SK Bupati Jember Nomor: Sek/III/13/1970 tanggal 3 Agustus 1964 (Bupati Sudjarwo)
  • Tahun 1967 dibuka Sekolah Pengatur Rawat Negeri Djember yang pengesahannya berdasarkan SK Bupati Jember Nomor.Sek/18/AA tanggal 28 Oktober 1980 (bupati Abdul Hadi)
  • Tahun 1980 Pendidikan Sekolah Bidan Negeri Djember dan Sekolah Pengatur Rawat Negeri Djember dikonversi menjadi Sekolah Perawat Kesehatan Soebandi (SPK) didirikan berdasarkan SK Menkes RI No.472/Men.Kes/SK/XII/80 tanggal 08 Desember 1980 sebagai penyempurnaan SK Menkes RI No.245/Men.Kes/SK/VI/1979 tanggal 27 Juni 1979 (Menkes Suwardjono Surjaningrat)
Selain pendidikan SPK Soebandi juga mendidik program yang lain yaitu:
  • Program Cepat Pembantu Paramedis (PCPP) pada th1983 (1 angkatan)
  • Program Pendidikan Bidan A (SPK+1 tahun)
  • Sekolah Menengah Kesehatan (SMK) pada th 1998 berdasarkan SK Kapusdiknakes Dekes RI Nomor : DL.02.02.2.1.3822 tanggal 21 Juli 1998 tentang Kurikulum SPK tahun1998 ( 1 angkatan)
  • Tahun 1998 pendidikan SPK dikonversi menjadi Akademi Kebidanan Depkes Jember berdasarkan SK Menkes RI Nomor: HK.00.06.1.3.02139 tanggal 18 Mei 1998 tentang Pembentukan Akademi Kebidanan Depkes Jember yaitu mendidik bidan dari latar belakang SMA
  • Tahun 2001 Berdasarkan SK Menkes RI No: 1207/Menkes/SK/X/2001, tanggal 12 Nopember 2001 lahirlah Poltekkes Malang yang terdiri dari gabungan 7 akademi kesehatan di Jawa Timur, salah satu diantaranya adalah Akademi Kebidanan Depkes Jember
  • Tahun 2006 Di Poltekkes Malang ada 3 Program studi Diploma IVyang mendidik mahasiswa dengan latar belakang diploma tiga yaitu:
  • D IV Keperawatan Medikal Bedah (lokasi di Malang)
  • D IV Bidan Pendidik( salah satunya berlokasi di Jember)
  • D IVGizi (lokasi di Malang)
  • Tahun 2012 Berdasarkan SK Mendikbud No. 355/E/O/2012 tgl 10-10-2012 tentang Alih Bina Penyelenggaraan Program Studi pada Politeknik Kesehatan Kemenkes dari Kemenkes kepada Kemendikbud dan sekaligus sebagai  ijin operasional  program studi Diploma IV 0 tahun dari SMA.
  • Tahun 2013 Di buka Program Studi D IV Kebidanan di Jember yang berlokasi di Kampus I  J Srikoyo No 106 Jember  dan kegiatan pembelajaran dimulai bulan September tahun 2013.

    Tahun 2014 Program Studi D IV Kebidanan Jember sudah terakreditasi BAN-PT dengan SK Nomor 461/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-IV/XII/2014